Posted on Leave a comment

Ayam Betutu Bali No ratings yet.

Makanan khas Bali berikutnya yakni ayam betutu. Ayam betutu sudah paling dikenal masyarakat luas, tetapi di Bali olahan tersebut bertolak belakang karena diciptakan dengan bumbu mempunyai nama base genep. Base genep adalahbumbu khas Bali yang mengandung bawang merah dan putih, cabai, kemiri, terasi, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, kunir, dan kencur yang dihaluskan baru ditumis.

Di samping itu, ayam betutu bali punya keanehan lain, sebab akan menyerahkan daun singkong ke dalam perut ayam sesudah dilumuri dengan bumbu genep di atas. Namun sebelum diolah, ayam bakal diikat baru direbus sejumlah jam hingga bumbu meresap.

Bahkan sesudah direbus, makanan khas Bali ayam betutu masih belum siap dihidangkan, sebab harus dihanguskan dulu supaya rasanya semakin nikmat. Untuk merasakan ayam betutu pribumi Bali ini, jajaki saja mendatangi Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man yang terletak di Jalan Kubu Anyar Tuban, Badung.

Satu ekor ayam betutu dihargai dengan harga 65.000 rupiah, sehingga dapat dinikmati satu keluarga. Namun andai cuma seorang atau berdua, pesan saja yang seperempat atau separuh ekor saja supaya menghemat duit dan ayamm tidak mubazir. Dengan rasa yang enak sebab bumbu genep yang sarat dengan rempah, membuatnya menjadi primadona yang sangat sesuai dinikmati bareng nasi.

Bahan

1 ekor ayam kampung (bersihkan dan sisihkan jerohannya)
2 batang serai (memarkan)
2 lembar daun salam
Daun pisang (secukupnya)
4 lembar daun jeruk
Minyak goreng (secukupnya untuk menumis bumbu dan ayam)

Bumbu Halus

BACA JUGA

Mengenal 15 Jenis Umbi-Umbian yang Ada di Indonesia
15 buah cabai merah besar (buang isi)
5 cm jahe
6 cm kunyit
5 cm lengkuas
2 batang serai (bakar dulu dan ambil bagian batang yang putih saja)
100 gram bawang merah
7 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
5 butir kemiri
1/2 sdt merica
Garam (secukupnya, kira-kira 2 sdt)
Gula (secukupnya)
Kaldu ayam bubuk (secukupnya, agar rasa ayam betutu makin gurih)

Cara Membuat

Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan cukup matang. Angkat bumbu lalu sisihkan sebentar biarkan bumbu cukup hangat atau dingin.
Lumuri daging ayam dengan bumbu yang telah ditumis sampai rata. Agar daging ayam makin sedap dan gurih, kita juga bisa melumurinya memakai perasan air jeruk nipis dan sedikit garam sebelum melumurinya dengan bumbu.

Bungkus daging ayam yang telah dilumuri dengan bumbu pakai daun pisang secukupnya. Tambahkan daun jeruk, daun dalam dan batang serai agar rasa ayam betutu makin sedap.

Jika ingin ayam betutu matang sempurna, setelah dibungkus memakai daun pisang, bungkus lagi dengan aluminium foil.
Kukus ayam di dalam dandang yang telah dipanaskan kira-kira selama 2 jam.

Terakhir, setelah selesai dikukus, panggang ayam betutu ke dalam oven dengan suhu 185 derajat celcius kira-kira selama 30 menit.
Angkat ayam dan sajikan bersama nasi putih, lalapan serta taburan bawang goreng di atasnya.

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *