Posted on Leave a comment

Bebek Betutu Bali 5/5 (1)

 

Jika tadi terdapat ayam betutu, maka sekarang ada makanan khas Bali mempunyai nama bebek betutu yang dapat didatangi dengan bahan utama berupa bebek. Olahan yang dimasak dengan teknik betutu memang menjadi karakteristik dari Bali, salah satunya ialah bebek betutu yang mempunyai rasa rempah yang paling meresap.

Wajar saja sebab pembuatannya dapat memakan masa-masa semalaman melulu untuk mendiamkan bebek yang sudah berlumur bumbu. Bagi membuatnya pun tergolong unik, sebab harus dikukus supaya bebeknya matang merata dan mempunyai tekstur yang lebih empuk.

Cara membuatnya berbeda-beda, namun seringkali setelah bumbu-bumbu diciptakan dan sudah menjadi base genep, maka selanjutnya ialah melumuri bumbu genep itu ke sekeliling bebek. Namun sisakanlah setengahnya, sebab setengah bumbu genep itu akan diurap bareng bayam yang nantinya dimasukkan ke perut bebek.

Yang menciptakan unik, sesudah proses ini, bebek akan diblokir rapat dengan daun kemudian didiamkan sekitar 6 hingga 7 jam atau semalam suntuk.
Baru setelah tersebut bebek bakal dikukus sekitar satu jam, dan bahkan masih mesti di panggang atau dioven hingga matang supaya bisa dikonsumsi. Penyajiannya seringkali akan diberi tomat, timun, nasi, dan sambal matah supaya semakin nikmat rasanya.

Walaupun dulunya ialah makanan semua bangsawan, namun sekarang bebek betutu dapat dinikmati siapapun di rumah santap maupun hotel sebab menjadi di antara menu makanan khas Bali.

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *