Posted on Leave a comment

Ikan Asap Sambal Matah Bali No ratings yet.

 

Pulau dengan nama Pulau Serangan barangkali belum terlampau terkenal, tetapi olahan khasnya mempunyai nama ikan asap sambal matah ialah salah satu makanan terbaik. Di bikin dari ikan hasil tangkapan orang-orang pulau yang masih segar laksana tongkol, tuna dan kerapu yang diasapi dengan rasa pedas .

Itulah ikan asapnya Pulau Serangan. Keunikan dari makanan khas Bali yang halal ini ialah pemakaian sabut kelapa yang digunakan untuk mengasapinya sampai-sampai menimbulkan wewangian sabut yang khas. Selain memunculkan aroma, pemasakan dengan sabut pulalah yang menciptakan teksturnya lunak dan bumbunya merasuk ke dalam sebab dimasak lebih lama.

Untuk membuatnya memang lumayan memerlukan waktu, sebab saat memasaknya, butuh membolak-balik ikan sejumlah kali seraya mengolesi bumbu pada ikan tersebut. Apalagi ketika proses membalik ikan tersebut, butuh waktu 5 hingga 8 menit dan masing-masing pembalikan pun harus mengubah sabut kelapa. Bagi membumbui ikannya, butuh bumbu halus dari cabai, kunyit, bawang putih, dan bawang merah.

Setelah dirasa matang, ikan asap itu akan disajikan bareng dengan nasi dan ditemani dengan sambal matah rasa pedas. Pembuatan sambal matah yang menciptakan rasanya benar-benar pedas diciptakan dengan cabai rawit, bawang, dan serai hasil rajangan yang dibaur petis dan garam.

Bahan-bahan
5 buah Cabe Merah
15 buah Cabe Rawit / sesuai selera
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 batang sereh diambil bagian dalam yang putih
1 ikat Kacang Panjang iris kecil2
1 buah terasi bentuk permen
10 sdm Minyak Goreng
2 buah jeruk limau
secukupnya Gula,garam,penyedap rasa
Plastik Sarung Tangan
1 Tusuk besar ikan Asap
Bumbu bakar :
1 sdm saos tiram
1 sdm Sambal Botolan
1 sdm kecap manis
secukupnya lada bubuk
Langkah
60 menit
Cacah kasar cabe merah,cabe rawit,duo bawang & sereh sisihkan

Goreng terasi menggunakan 10sdm minyak goreng. Masukkan kedalam cacahan bahan no.1

Tambahkan minyak goreng bekas menggoreng terasi. Sesuai selera ya..kalo tidak suka terlalu banyak minyak bisa dikurangi.

Tambahkan gula,garam,penyedap sesuai selera. Lalu iris jeruk limau hilangkan bijinya,, peras di atas campuran sambal

Campurkan semua nya menggunakan sarung tangan plastik,,,remas2 sampai tercampur rata. Test rasa.

Ikan Asap lepaskan tusuk bambu nya. Siapkan teflon,, panaskan dengan api sedang,panggang ikan di atas teflon lumuri ikan dengan bumbu bakar.tunggu sampai bumbu meresap.Sajikan dengan Sambal matah, timun & kacang panjang iris

Selamat mencoba.. Asli makan pake sambel ini bikin khilaf ngabisin nasi

 

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *