Posted on Leave a comment

Ikan Laut Sambal Mentah Bali No ratings yet.

 

Makanan khas Bali berupa ikan. Dengan potensi hasil ikan yang besar dan masyarakatnya yang berpengaruh menjadi nelayan, Bali punya olahan dari ikan dengan nama be pasih mesambel matah. Makanan khas Bali di Jimbaran tersebut ialah bahasa Balinya ikan laut sambal mentah.

Bagi membuatnya melulu perlu ikan laut yang masih segar dengan diberi bumbu-bumbu laksana terasi, kunyit, ketumbar, garam, kencur, ketumbar, dan bawang putih yang dihaluskan guna dilumurkan ke ikan. Sebelum dimasak, ketika proses melumuri bumbu itu harus dirindukan sampai bumbu benar-benar sudah meresap hingga ke dalam.

Baru sesudah bumbu meresap, ikan segar itu akan dipanggang memakai arang batok atau arang kayu hingga matang. Sesuai namanya yang terdapat kata sambalnya, maka dibutuhkan pula sambal yang tercipta dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, garam, dan terasi bakar.

Rempah-rempah itu akan dirajang dan dihaluskan bareng tambahan minyak kelapa dan perasan air jeruk limau. Di area pesisir Bali laksana pantai Sanur dan Jimbaran, makanan khas Bali di Sanur yang biasa dimakan dengan nasi ini paling terkenal dan gampang dicari.

Bahan dan bumbu ikan:
500 gram ikan selar ukuran kecil
6 siung bawang putih, haluskan
1 1/2 sendok teh kunyit bubuk (atau 3 ruas jari kunyit segar)
1 ruas jari jahe, parut halus

1 sendok makan ketumbar bubuk
1 sendok teh garam
1 sendok makan asam Jawa rendam dengan 5 sendok makan air panas hingga kental. Ambil airnya saja.
minyak yang banyak untuk menggoreng ikan
Bahan dan bumbu sambal matah:
1/2 buah bawang bombay, rajang setipis mungkin (6 siung bawang merah rajang halus)
2 siung bawang putih, cincang halus
5 butir cabai rawit merah, rajang melintang tipis
4 butir cabai rawit hijau, rajang melintang tipis
1 buah cabai merah besar, rajang melintang tipis
1/2 sendok teh terasi bakar, haluskan
1 batang serai, ambil bagian putihnya saja dan cincang halus
4 lembar daun jeruk, rajang tipis
1 buah jeruk nipis, ambil airnya saja
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
5 sendok makan minyak panas bekas menggoreng ikan

Cara membuat:

Siapkan ikan selar, siangi setiap ekor ikan dengan cara memencet dan merobek bagian tepi kepala dan perut menggunakan jari telunjuk dan ibu jari hingga isi perut keluar dan insang lepas. Biarkan sebagian kepala ikan hilang. Lakukan pada semua ikan. Cuci hingga bersih.

Masukkan ikan ke dalam wadah, tuangkan semua bumbu ikan kecuali minyak goreng. Aduk hingga rata.
Note: Bagian mengaduk ikan dengan bumbu merupakan pekerjaan yang berisiko karena bumbu berwarna kuning yang berloncatan kesana kemari. Biasanya saya memasukkan ikan dan bumbu ke dalam panci yang memiliki tutup.

Diamkan ikan selama 15 menit sebelum digoreng.
Siapkan penggorengan anti lengket, saya menggunakan panci anti lengket karena menghindari minyak yang berakrobat kala menggoreng ikan. Tuangkan minyak hingga kira-kira ketinggiannya cukup untuk menutup permukaan ikan.

Panaskan minyak hingga benar-benar panas dan gorengsebagian ikan.
Goreng dengan api sedang hingga satu bagian kering kecoklatan (jangan balikkan ikan sebelum satu bagian kering dan matang). Balikkan ikan dan goreng sisi lainnya hingga ikan menjadi garing kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Siapkan semua bahan sambal, masukkan ke dalam mangkuk. Siram sambal dengan minyak panas mendidih dari bekas menggoreng ikan. Jika minyak kurang panas, panaskan kembali. Minyak yang benar-benar panas berguna untuk mematangkan bahan-bahan sambal yang mentah sehingga sambal menjadi setengah matang.

Note: Banyak sedikitnya minyak tergantung dari banyaknya bahan sambal yang anda gunakan.Sebaiknya minyak mampu melumuri sambal dengan baik sehingga semua bagian menjadi matang.
Aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan garam, gula dan air jeruk nipis untuk menyeimbangkan rasa.

 

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *